Paket Umrah Hemat & Murah Jakarta: Tata Cara Umroh

PT Galih Tunggal Perkasa
Khazzanah Tours
0877 7667 3078
0819 0848 8786
0888 180 4545
Head Office : Jl Terusan I Gusti Ngurai Rai No. 6 Pondok Kopi Duren Sawit Jak - Tim. 13460
Khazzanah Tour & Travel Umrah Promo dan Haji Plus

Tata Cara Umroh

Tata Cara Umroh Bekal Menuju Tanah Suci


Umroh merupakan salah satu kewajiban yang dibebankan oleh Allah kepada HambaNya. Kewajiban ini beriringan dengan kewajiban menyempurnakan haji yang tercantum dalam Al Qur’an. “ … "Dan sempurnakanlah ibadah haji dan umroh karena Allah …” (QS. Al Baqarah : 196). 

Pelaksanaan ibadah umroh ini semakin hari semakin banyak diminati oleh kaum muslimin. Hal ini dapat dilihat dengan selalu ramainya keberangakatan jamaah umroh dari setiap travel umroh. Umroh yang merupakan salah satu kegiatan ibadah dalam agama Islam, memiliki arti secara Bahasa adalah berkunjung. 

Sedangkan pengertian secara istilah syar’I adalah “ Melaksanakan Thawaf, di Ka’bah, dan Sa’I antara Shofa dan Marwah setelah memakai Ihram yang dilakukan dari Miqat. 

Adapun syarat melaksanakan Umroh adalah: 

  • Islam. Ibadah umroh hanya boleh dilaksanakan oleh umat Islam. 
  • Baligh. Baliq merupakan salah satu tanda kedewasaan. Bagi laki-laki salah satunya ditandai dengan mimpi basah sementara bagi perempuan ditandai dengan menstruasi. 
  • Berakal. Tidak ada kewajiban bagi seseorang yang mengalami kelainan kejiwaan. 
  • Merdeka, Ketika di awal-awal kedatangan Islam, masih banyak seseorang yang berstatus sebagai budak (tidak merdeka). Bagi mereka tidak ada kewajiban untuk melaksanakan ibadah umroh ataupun haji. Namun kini sepertinya status budak tidak ada lagi. 
  • Memiliki kemampuan. Mampu dalam segala hal dalam arti mampu Biaya Umroh 2016, keadaan fisik atau kesehatan, serta terjaminnya keamaanan dan keselamatan jiwa. 


Rukun umroh adalah : 

  • Ihram, yaitu pernyataan mulai mengerjakan ibadah umroh dengan memakai pakaian ihram disertai niat umroh di miqat. 
  • Thawaf, yaitu mengelilingi Ka'bah sebanyak 7 kali putaran 
  • Sai, yaitu berjalan atau berlari-lari kecil antara Shafa dan Marwah sebanyak 7 Kali, dilakukan sesudah Tawaf 
  • Tahallul, yaitu bercukur atau menggunting rambut setelah melaksanakan Sa'i 
  • Tertib, yaitu mengerjakan kegiatan sesuai dengan urutan dan tidak ada yang tertinggal.  


Sebelum melaksanakan Umroh, kita dianjurkan untuk : 

  • Mempersiapkan diri sebelum berihram dengan mandi seperti seorang yang mandi janabah (hadats besar), memakai wangi-wangian yang terbaik jika ada. 
  • Memakai pakaian ihram bagi laki-laki berupa dua lembar kain ihram yang berfungsi sebagai sarung dan penutup pundak. Adapun bagi wanita, ia memakai pakaian yang telah disyari’atkan yang menutupi seluruh tubuhnya. Namun tidak dibenarkan memakai cadar/ niqab (penutup wajahnya) dan tidak dibolehkan memakai sarung tangan. 


Tata Cara Umroh, bisa didapatkan dengan mudah di Internet atapun buku-buku yang membahas mengenai Umroh. Travel umrohpun seperti Khazzanah Tour Travel biasanya menyediakan buku kecil yang membahas Tata Cara Umroh. Namun sedikit kami bahas dalam tulisan ini. 


Tata Cara Umroh adalah sebagai berikut: 


A. Ihram dari Miqat. Dengan membaca niat “Labaika ‘Umrotan” Sepanjang perjalan menuju Masjidil Haram disunnah-kan membaca kalimat talbiyah, “Labaik Allahumma Labaik, Labbaik Laa Syariika Laka Labbaik, Innal Hamda Wan Nikmata Laka Wal Mulk Laa Syariika Lak.

B. Thawaf. Mengelilingi Ka’bah sebanyak 7 kali. Thawaf dimulai dari hajar aswad, sambil menghadap hajar aswad dan mengangkat tangan sambil mengucapakan “Bismillahi Allahu Akbar” 

Setelah itu menghadap ke kanan sehingga Ka’bah berada di sebelah kiri lalu mengelilingi Ka’bah. Tidak ada doa yang wajib untuk dibaca, namun disunnah-kan untuk membaca 

“Subhaanallah Wal Hamdulillah Wa Laa Ilaaha Illallah Wallahu Akbar” 

Dan ketika kita berada di antara Rukun Yamani dan Hajar Aswad, disunnahkan membaca doa sapu jagad, 

“Robbanaa Aatinaa Fid Dun-ya Hasanah Wa Fil Aakhiroti Hasanah Wa Qinaa ‘Adzaabannaar” Setiap kali berada di Hajar Aswad, kita disunnahkan menghadapkan wajah kea rah hajar Aswad dan mengangkat tangan sambil mengucap “Bismillahi Allahu Akbar” Setelah Selesai Thawaf, Kita Menuju Maqam Ibrahim Sambil Membaca: “Wattakhidzuu Min Maqoomi Ibroohiima Mushollaa” Lalu Sholat 2 Raka’at Di Depan Maqom Ibrohim Setelah membaca Surat Al Fatihah membaca: a. Rakaat Pertama : QS. Al Kafirun b. Rakaat Kedua : QS. Al Ikhlas Kemudian Berdoalah Di Tempat Sekitar Maqom Ibrohim (Doanya Bebas) Setelah itu, kita menuju air zam zam dan meminumnya dengan terlebih dahulu membaca doa: 

“Allahumma Innii As-aluka ‘Ilman Naafi’an, Wa Rizkon Waasi’a, Wa Syifaa-a Min Kulli Daa-I”

C. Sa’i. Kita naik ke bukit shafa melalui “Baabus Shafa” sambil membaca: 

"Inna Shofaa WalMarwata Min Sya’aairillah, Abda-u Bima Bada Allahu Bih 

Setelah tiba di Shafa, kita mengangkat kedua tangan sambil menghadap ka’bah, lalu membaca do’a:

"ALLOHU AKBAR (3x) LAA ILAAHA ILLALLOHU WAHDAHU LAA SYARIIKALAH, LAHUL MULKU WALAHUL HAMDU WAHUWA ’ALAA KULLI SYAI’IN QODIIR. LAA ILAAHA ILLALLOHU WAHDAH, ANJAZA WA’DAH, WANASHORO ’ABDAH, WAHAZAMAL AHZAABA WAHDAH 

Disunnahkan untuk berlari kecil dan sungguh-sungguh di antara dua tanda lampu hijau yang berada di Mas’a (tempat sa’i) bagi laki-laki, lalu berjalan biasa menuju Marwah dan menaikinya. Setibanya di Marwah, kerjakanlah apa-apa yang dikerjakan di Shafa, yaitu menghadap kiblat, bertakbir, membaca doa umroh seperti doa saat di bukit Shafa tadi dan berdo’a dengan do’a apa saja yang dikehendaki, perjalanan (dari Shafa ke Marwah) dihitung 1 (satu) kali. Kemudian turun dan menuju Shafa dengan berjalan di tempat yang ditentukan untuk berjalan dan berlari bagi laki-laki di tempat yang ditentukan untuk berlari, lalu naik ke Shafa dan lakukanlah seperti semula, dengan demikian terhitung dua putaran. Lakukanlah hal ini sampai tujuh kali dengan berakhir di Marwah. (hingga berjumlah 7 kali

D. Tahallul. Bertahallul dengan memendekkan seluruh rambut kepala atau mencukur gundul, dan yang mencukur gundul itulah yang lebih afdhal. Adapun bagi wanita, cukup dengan memotong rambutnya sepanjang satu ruas jari. 

Demikianlah sedikit tentang Tata Cara Umroh. Jika ada yang ingin ditanyakan khususnya mengenai Biaya Umroh 2016 dari Khazzanah Travel, Bapak/ Ibu dapat menghubungi kami di 

No HP 0877 7667 3078, dengan Ahmad Zuhri Khazzanah Travel. 

Semoga artikel tentang Tata Cara Umroh ini bermanfaat, Aamiin..


Back To Top