Paket Umrah Hemat & Murah Jakarta: Doa Doa Umroh Sesuai Sunnah

PT Galih Tunggal Perkasa
Khazzanah Tours
0877 7667 3078
0819 0848 8786
0888 180 4545
Head Office : Jl Terusan I Gusti Ngurai Rai No. 6 Pondok Kopi Duren Sawit Jak - Tim. 13460
Khazzanah Tour & Travel Umrah Promo dan Haji Plus

Doa Doa Umroh Sesuai Sunnah

Doa doa Umroh Menambah Nikmatnya Ibadah Di Tanah Suci 


Sudah menjadi hal yang dimaklumi ketika suatu ibadah selalu diiringi dengan membaca doa. Begitu juga dengan pelaksanaan ibadah umroh maupun haji. Doa dalam ibadah umroh diharapkan dapat dipraktikan oleh para jamaah umroh yang melaksanakan ibadahnya untuk menambah rasa nikmat dan nilai lebih afdhol dalam ibadah umroh tersebut. 

Alangkah sayangnya jika ketika beribadah di tempat yang sangat suci bahkan tempat paling suci bagi umat Islam namun kita tidak memperhatikan doa doa umroh sesuai sunnah yang perlu dibaca. Memang jika kita baca dari berbagai sumber bacaan, doa-doa ibadah umroh ini sifatnya dianjurkan untuk dibaca. Doa-doa umroh ini tidak menjadi keharusan atau wajib dibaca dalam pelaksanaan ibadah umroh. Kecuali doa umroh ketika di miqat, atau lebih tepat disebut dengan Niat Umroh. Yaitu, 

Doa Umroh Niat


“Labaikallahumma ‘Umratan” yang artinya kurang lebih 
“Aku sambut panggilanMu Ya Allah untuk melaksanakan ibadah umroh” 

Doa doa Umroh Yang Biasa Dibaca


Doa doa Umroh yang maqbul tentu bisa didapatkan di berbagai sumber tulisan seperti buku dll. Doa-doa umroh bisa di dapatkan dalam buku panduan umroh yang disediakan oleh travel yang menyelenggarakan ibadah umroh. Cara membaca doa doa umroh ini kiranya perlu juga kita pelajari apalagi jika kita sudah mencari-cari informasi Biaya Paket Umroh karena sudah berniat melaksanakan ibadah umroh misalnya kita akan mendaftar Paket Umroh Desember

Di sini sedikit diulas tentang sebagian doa doa umroh yang mungkin bisa menjadi bahan bacaan bagi para calon umroh karena doa-doa umroh mungkin akan banyak dan berbeda-beda, Doa Umroh yang pertama dan mungkin tidak asing lagi di telinga kita adalah doa talbiyah. Doa ini dianjurkan dibaca berulang-ulang ketika telah melakukan ihram dari Miqat menuju ke masjidil Haram. Ketika kita dalam perjalanan menuju ke masjidil haram itulah kita disunnahkan untuk membaca kalimat talbiyah ini. Berikut bunyi kalimatnya: 

Doa doa Umroh Talbiyah


"Aku penuhi seruan-Mu wahai Allah, Ku penuhi seruan-Mu, Ku penuhi seruan-Mu tiada yang serupa bagi-Mu, Ku penuhi seruan-Mu, Bahwasannya segala puji, ni’mat dan kerajaan / kekuasaan hanyalah untuk/milik Mu, tiada yang serupa bagi-Mu". 

Perbanyaklah kalimat talbiyah di atas, yang berarti kita menyambut seruan Allah untuk melaksanakan ibadah umroh ke tanah suci dengan suka cita… Kalimat inipun biasa kita dengar ketika kaum muslimin melaksanakan ibadah haji sebagai rukun Islam yang ke lima.. 





Doa Umroh Ketika Memasuki Masjidil Haram


Adapun doa umroh berikutnya adalah doa ketika kita melihat dan memasuki masjidil haram. Kita disunnahkan untuk membaca doa umroh sebagai berikut: 

Doa Umroh Masuk Masjidil Haram



Doa umroh selanjutnya adalah doa ketika kita melihat Ka’bah (baitullah), berikut ini doanya: 


Doa Melihat Ka'bah

"Allahumma Zid Haadzal Baita Tasyrifan Wa Ta’zhiiman Wa Takriiman Wa Mahabbatan. Wa Zid Man Syarrafahu Wa Karraomahu Mimman Hajjahu Awi’tamarahu Tasyriifan Wa Ta’zhiiman Wa Takriiman Wa Birron". Yang artinya kurang lebih seperti di bawah ini: 

“Ya Allah tambahkan lah kemuliaan, keagungan, kehormatan, dan kewibawaan pada rumah (baitullah) ini, dan tambahkan pula kepada orang yang memuliakan, mengagungkan, dan menghormatinya baik mereka yang berhaji atau berumroh, kehormatan, keagungan, kemulian,dan kebaikan”. 

Doa Ibadah Umroh berikutnya adalah ketika kita akan memulai thawaf, yaitu ketika kita menghadap Ka’bah sambil mengangkat tangan, kita membaca: 

“Bismillahi Allahu Akbar”. Lalu doa saat kita mengelilingi ka’bah, kita membaca: 

“Subhaanallah Wal Hamdulillah Wa Laa Ilaaha Illallah Wallahu Akbar Artinya : 
“Maha Suci Allah, Segala Puji Bagi Allah, Tiada Tuhan selain Allah, Alloh Maha Besar” 

Dan ketika kita berada di antara Rukun Yamani dan Hajar Aswad, kita dianjurkan membaca doa umroh sebagai berikut: 

“Robbanaa Aatinaa Fid Dun-ya Hasanah Wa Fil Aakhiroti Hasanah Wa Qinaa ‘Adzaabannaar” “Wahai Tuhan kami, berikanlah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat, serta jauhkanlah kami dari siksa api neraka”. 

Setelah kita selesai melaksanakan thawaf, Kita Menuju Maqam Ibrahim Sambil Membaca:

“Wattakhidzuu Min Maqoomi Ibroohiima Mushollaa” “Dan jadikanlah sebagian Maqam Ibrahim sebagai tempat sholat”. 

Setelah itu kita minum air zam zam sambil membaca doa: 

“Allahumma Innii As-aluka ‘Ilman Naafi’a, Wa Rizkon Waas’a, Wa Syifaa-a Min Kulli Daa-I” 

“Ya Allah, aku memohon kepada-Mu ilmu yang bermanfaat, rizki yang luas dan obat dari segala penyakit”. 

Doa saat kita naik ke bukit Shafa: 

“Inna Shofaa Wal Marwata Min Sya’aairillah, Abda-u Bima Bada Allahu Bih” 

“Sesungguhnya Shafa dan Marwah itu merupakan bagian dari syiar Allah. Aku memulai Sa’i dengan apa yang dimulai oleh Allah.” 

Doa ketika kita sampai di Shafa: 

"ALLOHU AKBAR (3x) LAA ILAAHA ILLALLOHU WAHDAHU LAA SYARIIKALAH, LAHUL MULKU WALAHUL HAMDU WAHUWA ’ALAA KULLI SYAI’IN QODIIR. LAA ILAAHA ILLALLOHU WAHDAH, ANJAZA WA’DAH, WANASHORO ’ABDAH, WAHAZAMAL AHZAABA WAHDAH"

Bacaan ini diulang tiga kali dan berdoa di antara pengulangan-pengulangan itu kita berdoa dengan do’a apa saja yang dikehendaki.

Doa ketika kita menuju Marwa dan sampai di bukit Marwa, kita membaca doa yang sama seperti ketika kita di Shafa. Ketika kita Sa’I, tidak ada doa khusus yang dianjurkan untuk dibaca, silakan baca dengan doa yang kita  kehendaki.

Setelah selesai sa’I, lalu kita bertahallul, 

Doa Umroh Tahallul
maka selesailah pelaksanaan ibadah umroh kita.

Demikianlah doa doa umroh dari kami, semoga bermanfaat.. Aamiin..

Jika Bapak / Ibu membutuhkan informasi lebih lanjut tentang Biaya Paket Umroh dan Paket Umroh Desember, silakan hub: 

0877 7667 3078 dengan Ahmad Zuhri..





Back To Top